Sabtu, 05 Maret 2011

Digimon

Digimon adalah makhluk penghuni dunia pararel fiksi yang disebut dunia digital. Untuk lebih jelas mari bersama-sama kita simak artikel dari www.AnneAhira.com.


Digimon atau Digital Monster adalah makhluk penghuni dunia paralel fiksi yang disebut Dunia Digital. Saat ini ada sekitar 882 spesies yang telah berhasil diidentifikasi dan selebihnya adalah Digimon yang belum terungkap secara spesifik.
Jumlah spesies Digimon ini terus bertambah dan spesies-spesies baru pun terus bermunculan seiring dengan mengembangnya Dunia Digital dari tahun ke tahun. Sebagian dari mereka bersifat sangat liar dan sulit dikendalikan, tapi tidak sedikit juga yang memiliki kecerdasan seperti manusia, berbahasa dan berkepribadian layaknya manusia.

Siklus Hidup DigimonDigimon menetas dari telur yang disebut Digi-Egg (Digitama). Pertambahan usia mereka melalui proses yang disebut Digivolution atauDigital Evolution. Digivolution adalah proses di mana Digimon tumbuh ke dalam bentuk yang lebih besar dan lebih kuat baik secara fisik, level, maupun kemampuan.Digivolution sebenarnya lebih mirip dengan metamorfosis. Di mana Digimon mengalami perubahan dari satu bentuk ke bentuk lainnya (yang kadang-kadang bisa sangat berbeda secara signifikan dari bentuk ke bentuk) dengan  cepat.
Kehidupan mereka hampir sama dengan organisme hidup nyata, tetapi tidak mati dalam keadaan normal sebab mereka terbuat dari data reconfigurable. Digimon-Digimon yang sudah tua dan Digimon-Digimon yang terluka fatal larut dalam infinitesimal bit data. Data tersebut kemudian di recomposes dirinya sebagai Digitama dan Digimon kembali berjalan melalui siklus hidupnya lagi.Digimon yang berreinkarnasi dengan cara ini biasanya akan mempertahankan beberapa atau bahkan semua kenangan semasa hidup sebelumnya. Namun, apabila data Digimon di download (diserap) oleh Digimon lain, atau jika datanya hancur, dan atau didelete (dihapus), maka mereka akan mati secara permanen.Dalam beberapa kasus khusus beberapa Digimon tidak bisa berreinkarnasi walaupun data mereka masih ada. Digivolution untuk Digimon adalah serupa dengan penuaan bagi manusia. Di mana Digimon akan tumbuh menjadi bentuk baru dengan bertambahnya usia mereka dan memperoleh pengalaman pertempuran dan data.
Bagi Digimon kebanyakan, ada enam tingkat Digivolution:
    1. Egg    2. Baby    3. Rookie     4. Champion      5. Ultimate    6. Mega 
Ada juga tingkat di luar Mega standar, yang dikenal sebagai Super Ultimate, Amor, dan Hybrid 

Jenis Kelamin Digimon.
 Dalam pembagian jenis kelamin ini Digimon mengalami kebingungan orientasi. Pada dasarnya Digimon tidak dibagi dalam gender. Mereka tidak memiliki gender baik laki-laki ataupun perempuan. Namun, dalam perkembangannya, penggambaran makhluk-makhluk ini di dalam beberapa seri Digimon, banyak Digimon, terutama yang didesain humanoid, akan terlihat seperti mengarah pada laki-laki atau perempuan.Seperti panggilan yang membedakan mereka dengan ”he” atau ”she”. Ada juga kasus Jijimon dan Babamon yang disebut sebagai pasangan suami istri. Dan dalam versi animenya sebagian besar Digimon berbicara dengan suara gender. Selain itu Digimon bahkan memiliki nama dari kata benda gender spesifik, misalnya Angewomon dan Ladydevimon. Namun, kebingungan ini kemungkinan besar hanya masalah semantik saja.



Nah itu dia penjelasan mengenai Digimon. Dalam serial TV, Digimon memiliki beberapa season, salah satunya yang paling saya suka adalah Digimon Adventure yaitu seoson pertama dari Digimon dan yang kedua adalah Digimon Adventure 2, season kedua dari serial Digimon.

Digimon Adventure
Berikut ini adalah ringkasan cerita Digimon Adventure yang saya kutip dari id.wikipedia.org.
Datanglah sekelompok anak-anak Yagami Taichi, Takenouchi SoraIshida YamatoIzumi KoushiroTachikawa MimiKido JoeTakaishi Takeru, mereka berkemah pada musim panas, tiba-tiba jatuh sebuah benda asing (yang kemudian disebut Digivice) yang membawa mereka ke dunia yang disebut dunia digital. Mereka bertemu dengan makhluk yang bernama Digimon yang akhirnya menjadi patner mereka yang kemudian berjuang untuk mengalahkan musuh-musuh dengan berevolusi dengan kekuatan digivice. Saat mereka mengetahui bahwa Devimon, digimon jahat yang ingin menghancurkan pulau File (pulau Kegagalan di versi Indonesia, karena kesalahan dubber, mungkin karena mengira Fail Island) dan mengendalikan digimon lain dengan kekuatan roda gigi hitam, mereka berusaha mengalahkannya sampai salah satu digimon anak terpilih menjadi taruhan nyawa. Setelah mengalahkan Devimon, munculah Gennai, sebuah program berwujud kakek tua yang menginformasikan tentang digimon dan dunia digital. Untuk dapat mengalahkan musuh yang lebih kuat, mereka harus menemukan lambang dan tag supaya digimon mereka dapat berevolusi tingkat tinggi. Dalam perjalanan mencari lambang, mereka bertemu Etemon, yang berusaha menguasai dunia digital dengan kekuatan Dark Network yang pada akirnya dikalahkan oleh MetalGreymon. Suatu saat mereka kembali ke dunia mereka untuk mencari anak ke-8 bernama Yagami Hikari (adik perempuan Taichi) karena Vamdemon berencana ingin membunuhnya. Setelah bertemu anak ke-8 mereka melawan Vamdemon. Ternyata, Vamdemon belum mati dan terlahir kembali menjadi VenomVamdemon. Mereka sempat mendapat kesulitan sehingga Agumon dan Gabumon berubah menjadi WarGreymon dan MetalGarurumon dan berhasil mengalahkan Vamdemon. Setelah kekalahan Vamdemon mereka akhirnya kembali ke dunia digital untuk mengalahkan 4 raja kegelapan Dark Masters yaitu MetalSeadramon, Pinocchimon, Mugendramon dan yang terakhir Piemon. Ditengah-tengah pertempuran kembalilah pula Etemon yang terlahir kembali sebagai MetalEtemon yang ingin membalas denadam kepada anak-anak terpilih. Setelah mereka semua berhasil dikalahkan muncullah Apokarimon, musuh terakhir mereka yang menyebabkan kerusuhan di Dunia Digital. Setelah pertarungan sengit akhirnya mereka berhasil mengalahkannya, akhirnya para anak-anak terpilih pulang ke dunia mereka.
Taichi (kiri), Greymon (tengah), Garurumon (kanan)

(dari kiri kekanan) Takeru, Mimi, Sora, Taichi, Yamato, Koushiro, Joe, Hikari



Agumon dan Taichi

Gabumon dan Yamato

Sora dan Biyomon

Takeru dan Patamon

Joe dan Gomamon

Mimi dan Palmon

Izzy dan Tentomon

Hikari dan Gatomon

Wargreymon

Metalgarurumon

Megakabuterimon

zudomon

Omegamon, gabungan Wargreymon + Metalgarurumon

Devimon

Vamdemon

Apokarimon

Dari semua jenis Digimon yang ada di Digimon Adventure yang menjadi favorit saya adalah Wargreymon
Digimon ini terlihat sangat kuat dan memang kuat. Jurus andalannya adalah Gaia Force



Untuk Digimon Adventure 2 di postingan selanjutnya yaaa .......
Terima kasih

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus